Rabu, 29 November 2017

Islam dan Arab

Ngakunya Islam, pas disuruh berjilbab, ngakunya cinta budaya tanah air, trus ogah pake pakaian ala Arab. Padahal tiap hari pake pakaian barat, sering makan makanan barat, tontonannya film barat, gaya hidupnya kaya orang barat, lebih suka beli produk barat. Ada? Ada!

.

Ternyata banyak yang masih bingung, susah bedain mana yang ajaran agama, mana yang budaya. Ajaran Islam dikira budaya Arab, budaya arab dikira ajaran Islam.
.
.

Jangankan berjilbab, dulu perempuan Arab mengelilingi kakbah telanjang loh mbak. Itulah budaya Arab. Miss apalah itu yang katanya ratu kecantikan sedunia atau sejagat yang cuma pake bikini lenggak lenggok di atas panggung ditonton orang seplanet bumi itu justru lebih kearab-araban daripada pada anda yang berjilbab syari. Setelah Islam datang, umat Islam diperintahkan untuk menutup aurat. Itulah ajaran Islam.
.
.

Lalu gimana cara bedain mana ajaran agama dan mana budaya?
Coba kita lihat pengertian agama dan budaya.
.
.

1. Agama Islam adalah apa yang diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammad saw melalui perantara malaikat Jibril, berisi perintah, larangan, dan petunjuk hidup yang tertera dalam Al Quran dan disebutkan dalam hadis.
.

Intinya ajaran Islam adalah apa yang didapat hanya dari Nabi Muhammad saw. Misal, shalat 5 waktu, zakat, puasa, ramadhan, Al Quran dan termasuk juga perintah menutup aurat.
.

Hal hal di atas berasal dari Nabi Muhammad saw dan belum pernah ada sebelum beliau diutus jadi nabi, oleh karena itu, hal hal tsb termasuk ajaran Islam.
.
.
.

2. Urusan dunia/budaya adalah apapun yang bukan menjadi tugas nabi. Misalnya cara bertani, cara bangun rumah, ilmu sains, dll.
.

Nah Dalam hal agama, kita diwajibkan berpedoman kepada Al Quran dan hadis, sedangkan dalam hal urusan dunia kita bebas asalkan tidak bertentangan dengan Al Quran dan hadis.
.
.

Q: Berarti berjilbab itu ajaran Islam?

A: Iya donk. Kan perintah dalam Quran.
.

Q: Jilbab yang benar yang bagaimana?

A: Syarat pakaian yang islami adalah menutup aurat, tidak ketat, tidak transparan, tidak mencolok/menimbulkan kesombongan, & tidak menyerupai ciri khas agama lain.
.

Q: Modelnya gimana?

A: Terserah, yang penting memenuhi syarat-syarat tadi.
.

Q: Berarti kalo udah berjilbab, baju & bawahannya pakaian ala Jawa atau Melayu boleh?

A: Pake kimono, pake pakaian ala India ato gaun ala Eropa pun asal memenuhi syarat syarat tadi secara agama boleh. Kalo kamu ngaku cinta tanah air, silakan pakai pakaian adat kamu.
.

Q: Berarti kesimpulannya, sebagai muslim yang baik kita tidak boleh meninggalkan ajaran Islam, walaupun kita bukan orang Arab, gitu?

A: Tepat sekali!
.
.

Q: Trus sebagai warga negara yang cinta tanah air kita harus mencintai budaya kita asal tidak bertentangan dengan ajaran agama, gitu kan?

A: Tepat sekali!
.
.
A: Dan kita harus bisa membedakan mana ajaran agama dan mana yang bukan, betul?
.

Q: Betul betul betul!






Dari
Ustadz Kirito

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 dinART (dinar's ART) ^_^