Kamis, 01 September 2016

Modal ala Passionpreneur

Oleh. DEDY DAHLAN

Saya sih, nggak pernah suka duduk BENGONG menunggu!

Sambil menunggu terkumpulnya modal uang atau sambil melakukan langkah untuk mengumpulkan modal uang, Anda bisa memakai modal- modal lain yang SUDAH Anda miliki di tangan Anda dulu, untuk bisa segera mulai, saat ini juga!

Inilah jenis- jenis modal lainnya yang SAMA BERHARGANYA, dan bisa digunakan oleh Passionpreneurs untuk mulai berkarya:

.

.


Modal Network. (1)
Teman, sobat, keluarga, kenalan, om, tante, mentor, tetangga, dan semua orang yang kita kenal bisa ngebantu kita mulai melangkah. Saya sudah pernah menceritakan bagaimana saya menghubungi semua nomor telepon kenalan saya untuk mencari koneksi dan memulai karier saya sebagai penulis. Kenalan kita, jaringan kita, dan network kita itu berharga! Mereka bisa dihubungi sebagai sumber informasi, sebagai konsumen ataupun investor! Mereka bisa jadi pelanggan, dan rekan bisnis kita!

Modal ini bisa terus diperluas dengan mengembangkan jaringan Anda di berbagai tempat! Tambah modal network dengan bergabung dengan organisasi!

.

.

.

Modal Skill. (2)
Apa yang Anda bisa dan apa yang Anda jago itu asset paling berharga! Sebagai Passionpreneur, profesi terbaik dan paling ideal untuk diri sendiri adalah bidang yang Anda suka, dan Anda Jago! Artinya, profesi yang ingin Anda mulai adalah profesi dimana Anda punya skill yang bisa diandalkan dan bisa dijual.

Tanyakan pada diri Anda, apa yang Anda jago dan bisa Anda pakai? Bagaimana bisa Anda jual? Bagaimana Anda bisa memakai skill Anda segera untuk menghasilkan sesegera mungkin?

.

.


Modal Pengetahuan. (3)
Apa yang Anda tahu bisa membawa Anda jauuuh ke depan. Knowledge is Power! Jadi kalaupun Anda belum memiliki modal uang yang cukup untuk membiayai start up profesi Anda, Anda bisa memperluas pengetahuan Anda dalam bidang itu, pelajari berbagai hal yang orang lain tidak tahu, dan jadikan itu modal mulai!

Dengan pengetahuan Anda, Anda bisa menemukan celah Plan C yang tidak membutuhkan banyak modal, atau bisa meyakinkan konsumen atau klien, atau calon investor Anda tentang kredibilitas Anda.

Kalau saat ini belum banyak yang Anda tahu tentang bidang Anda, cepat cari tahu dan perluas pengetahuan Anda! Ilmu Anda adalah modal Anda dalam mencari partner yang punya duit.
.

.

.


Modal Ide. (4)
Percaya nggak? Ide itu mahal lho. Nggak semua orang bisa punya ide keren!

Kalau Anda tidak punya banyak uang untuk start up profesi yang Anda banget, pastikan Anda bisa mengembangkan ide Anda, dan berkreasi dengan ide yang mumpuni! Tapi ide saja tidak cukup, sertakan rencana eksekusi matang bersama ide Anda, dan gunakan ide dan rencana itu sebagai modal Anda untuk melangkah mencari partner! Atau kenapa nggak, mungkin Anda bisa mencari ide tentang bagaimana menjual jasa dan profesi baru Anda langsung dengan cara baru!

Misalnya, kalau buka toko buku memakan terlalu banyak biaya, kenapa tidak bikin MLM Online yang menjual buku lewat jaringan? Cari ide baru!

.

.

.


Modal Nyali. (5)
Dan dari semua modal di atas, modal satu inilah yang paling penting!

Sebagian besar (kalau tidak semua) orang yang mencoba hidup dalam profesi sesuai Passionnya gagal karena rasa takut. Takut mulai, takut nyoba, takut gagal, dan takut akan serba ketidakpastian. Apa ini jalan yang benar? Apa yang bakal terjadi kalau saya jatuh? Gimana kalau saya bangun hanya untuk jatuh lagi?

Jawabannya? Hanya Tuhan yang tahu. Tapi apa itu artinya kita tidak akan pernah bangun dan mencoba?

Rugi banget!

Berani nyoba, berani mulai, berani jatuh, dan berani BANGUN LAGI setelah jatuh, juga berani untuk menghubungi, minta bertemu dengan orang penting, dan berani melakukan negosiasi dengan orang baru, itu semua butuh nyali.





Seorang Passionpreneur tahu bahwa modal itu bukan cuma masalah duit. Karena itu, inilah salah satu cara ngumpulin modal ala Passionpreneur! Dengan cara memakai modal apapun yang ada di tangannya pada saat ini juga!

So, berikutnya Anda keceplosan ngomong, “Nggak adaaa modal niiiih!”, eits tahan dulu tuh lidah Anda, dan coba cek, apa sebenarnya modal- modal Anda yang lain? Masak siiih nggak ada modal?

Modal apa yang Anda punya saat ini di tangan Anda? Kapan Anda mau mulai dengan menggunakan modal itu?

.
.
*foto = www.instagram.com/dinar.safitri



karya dinART dan pemggemarnya*

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 dinART (dinar's ART) ^_^