Sabtu, 24 Februari 2018

Kenapa indonesia berbeda dengan negara lain? 😂

*NEW ZEALAND ADALAH NEGARA ISLAMI NO 1 DI DUNIA, SEDANGKAN                            INDONESIA NO 141 (PALING TIDAK ISLAMI)*

(untuk bahan introspeksi)
.
.

SYAIKH Muhamad Abduh, ulama besar dari Mesir pernah geram terhadap dunia Barat yang mengganggap Islam kuno dan terbelakang.
.
.

Kepada Renan, filosof Prancis, Muhammad Abduh dengan lantang menjelaskan bahwa agama Islam itu hebat, cinta ilmu, mendukung kemajuan dan lain sebagainya.
.
.

Dengan ringan Renan, yang juga pengamat dunia Timur itu. mengatakan: _“Saya tahu persis kehebatan semua nilai Islam itu tercatat dalam Al-Quran._
_Tapi tolong tunjukkan satu komunitas Muslim di dunia yang bisa menggambarkan kehebatan ajaran Islam itu."_
.
.

Muhammad Abduh pun terdiam mendapat pernyataan itu.
.
.

Satu abad kemudian beberapa peneliti dari George Washington University,AS  ingin membuktikan tantangan Renan.
.
.

Mereka menyusun lebih dari seratus nilai-nilai luhur Islam, seperti kejujuran ( _shiddiq_), amanah, keadilan, kebersihan, ketepatan waktu, empati, toleransi, dan sederet ajaran Al-Quran serta akhlaq Rasulullah SAW.
.
.

Berbekal sederet indikator yang mereka sebut sebagai  *_'islamicity index'_* itu mereka datang ke lebih dari 200 negara untuk mengukur seberapa islami negara-negara tersebut.
.
.

Bagaimana hasilnya ?
.
.

New Zealand (Selandia Baru) sebuah negara di sebelah selatan Australia dinobatkan sebagai negara paling Islami di dunia.!
.
.

Bagaimana dan di mana posisi Indonesia ?
Kita harus kecewa karena Indonesia berada di urutan ke 140. Artinya, Indonesia adalah negara yang paling tidak Islami di dunia.
Nasib Indonesia  tidak jauh dengan negara-negara Islam lainnya yang kebanyakan sebagai negara yang paling tidak Islami di dunia atau bertengger di urutan ke 100-200 negara di dunia !
.
.
.
Apa itu Islam ?
Bagaimana sebuah negara atau seseorang bisa dikategorikan sebagai  negara atau orang paling islami ?
.
.

Kebanyakan ayat dan hadits menjelaskan Islam dengan menunjukkan indikasi-indikasinya, bukan definisi.
.
.

Misalnya hadits yang menjelaskan bahwa :
_“Seorang Muslim adalah orang yang di sekitarnya selamat dari tangan dan lisannya."_
.
.

Itu indikator.
.
.
Atau hadits yang berbunyi: _“Keutamaan Islam seseorang adalah kalau ia  meninggalkan yang tak bermanfaat."_
atau _“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hormatilah tetangga dan hormati tamu."_ atau seperti kata peribahasa:
_Bicaralah yang baik atau diamlah."_
.
.

Jika kita koleksi sejumlah hadits yang menjelaskan tentang islam dan iman, maka kita akan menemukan ratusan indikator keislaman seseorang yang bisa juga diterapkan pada sebuah kota bahkan negara.
.
.

Dengan indikator-indikator itu maka jangan heran ketika Muhamad Abduh melawat ke Perancis akhirnya dia berkomentar: _“Saya tidak melihat Muslim disini, tapi merasakan (nilai-nilai) Islami di Perancis,_Sebaliknya, di Mesir saya melihat begitu banyaknya Muslim, tapi hampir tidak melihat yang Islami"_
.
.

Pengalaman serupa dirasakan Professor Afif Muhammad (dari UIN Bandung) ketika ia berkesempatan meninjau Kanada yang merupakan negara paling islami no 5 di dunia,  padahal 90% penduduknya Kristen '
.
.

Ia heran melihat penduduk di sana yang tidak pernah mengunci pintu rumahnya.
Saat salah seorang penduduk ditanya tentang hal ini, mereka malah balik bertanya :
_“mengapa rumah harus dikunci ?”_
.
.

Di kesempatan lain, masih di Kanada, seorang pimpinan ormas Islam besar pernah ketinggalan kamera di halte bis.
Setelah beberapa jam kembali ke tempat itu, kamera masih tersimpan dengan posisi yang tidak berubah.
.
.

Sungguh ironis jika kita bandingkan dengan keadaan di Indonesia yang sepatu atau sandal saja bisa hilang di mesjid atau rumah Allah yang Maha Melihat.
Padahal jelas-jelas kata  _“iman”_ sama akar katanya dengan _aman._
Artinya, jika semua penduduk beriman, mska seharusnya bisa memberi rasa aman.
.
.

Penduduk Kanada menemukan rasa aman padahal (mungkin) tanpa iman.  Tetapi kita di Indonesia, suka merasa tidak aman bersda di tengah orang-orang yang (mengaku) beriman.
.
.

Seorang teman bercerita,
di sebuah kota di Jerman, seorang wanita tua pernah marah kepada seorang Indonesia yang menyebrang saat lampu penyebrangan masih merah :
.
.

“ _Saya mendidik anak saya bertahun-tahun untuk taat pada aturan,_
_dan hari ini Anda menghancurkannya._
_Tadi anak saya ini melihat kamu melanggar aturan, menyebrang jalan seenaknya saat lampu hijau masih menyala. Dan saya khawatir kalau anak saya ini akan meniru Anda melanggar peraturan itu."_
.
.

Kejadian ini sangat kontras dengan sebuah video di _Youtube_ yang menayangkan seorang bapak di Jakarta dengan pakaian jubah dan sorban naik motor tanpa helm.
Ketika ditangkap polisi karena melanggar, si bapak tersebut malah marah-marah dengan menyebut-nyebut bahwa dirinya tak bersalah.
.
.

Mengapa kontradiksi ini terjadi ?
.
.

Syaikh Basuni, seorang ulama Kalimantan, dahulu suau hari pernah berkirim surat kepada Muhamad Rashid Ridha, ulama terkemuka dari Mesir. 
.
.

Suratnya berisi pertanyaan :
.
.

_“Limadza taakhara muslimuuna wataqaddama ghairuhum ?”_

("Mengapa muslim terbelakang dan umat yang lain maju?")
.
.

Surat itu dijawab panjang lebar dan dijadikan satu buku dengan judul yang dikutip dari pertanyaan itu.

Inti dari jawaban Rasyid Ridha adalah:
*Islam mundur karena para Muslim meninggalkan ajarannya,*
*sementara negara Barat maju karena meninggalkan ajarannya.*
.
.

Umat Islam terbelakang karena meninggalkan ajaran _'iqro'_ (membaca) yang artinya mencinta ilmu.
.
.

Muslim juga meninggalkan budaya disiplin dan amanah, sehingga tak heran negara-begara Muslim terpuruk dan berada di kategori _'low trust society'_ yang artinya, masyarakatnya sulit dipercaya dan sulit mempercayai orang lain alias selalu penuh curiga.
.
.

Muslim meninggalkan budaya bersih yang menjadi ajaran Islam, karena itu jangan heran jika kita melihat mobil-mobil mewah di kota-kota besar tiba-tiba melempar sampah ke jalan melalui jendela mobilnya.
.

Siapa yang salah ?
.

Mungkin yang salah yang membuat 'survey'. Sebab, kalau saja keislaman sebuah negara itu diukur dari jumlah penduduknya yang berbondong-- bondong menunaikan ibadaj haji  dan/atau melakukan umroh, maka pastilah Indonesia akan berada di ranking pertama.

_Wallahu a'lam bish-shawwab._

*******

Saudaraku tercinta, mari kita berbenah...
mulai dari diri kita sendiri...
mulai dari sekarang....

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 dinART (dinar's ART) ^_^